Senin, 03 Desember 2012


Inilah Daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia 2012


TEMPO.COLondon - Massachusetts Institute of Technology di Amerika Serikat menggantikan posisi Universitas Cambridge di Inggris dalam daftar universitas terbaik di dunia. Pada saat yang sama, University College London naik ke posisi ke empat dalam daftar itu, menempatkannya di atas Oxford University yang bertahan di posisi kelima. 

Dalam tabel yang disusun oleh QS World University Rankings itu, empat dari enam universitas terkemuka dalam daftar tersebut berada di Inggris. 

Dalam daftar terbaru ini, banyak universitas yang mengalami "lonjakan" dan turun tajam. MIT ada di posisi ketiga dalam daftar tahun lalu. University College London naik dari nomor tujuh tahun lalu menjadi nomor empat dalam peringkat baru.  

Imperial College London berada di peringkat keenam, yang berarti untuk pertama kalinya masuk dalam daftar enam universitas terkemuka di dunia. Inggris memiliki total 18 universitas dalam daftar 100 besar.

Harvard University, yang memegang posisi teratas selama enam tahun antara 2004 hingga 2009, berada di peringkat ketiga dalam daftar itu.

QS World University Rankings disusun dengan menggunakan enam indikator antara lain reputasi akademis, reputasi employer, rasio dosen atau mahasiswa, serta rasio mahasiswa internasional. Hasil didasarkan pada survei lebih dari 46 ribu akademisi dan 28 ribu pengusaha.

Proporsi siswa internasional di institusi dipandang sebagai indikator keanekaragaman universitas dan daya tarik internasional.

John O''Leary, editor Times Good University Guide menyatakan penting bagi universitas di Inggris untuk menata diri kembali agar menjadi yang teratas dalam soal mutu. "Terutama dalam hal riset dan perekrutan siswa internasional," katanya.

Berikut ini 10 besar universitas terbaik di dunia dan posisi mereka tahun lalu (dalam kurung): 

  1. MIT (3)
  2. Cambridge (1)
  3. Harvard (2)
  4. University College London (7)
  5. Oxford (5)
  6. Imperial College London (6)
  7. Yale (4)
  8. University of Chicago (8)
  9. Princeton (13)
 10. California Institute of Technology (12)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar